Serving, not to be served

Serving, not to be served

Rabu, 22 Oktober 2008

NYERI MENJELANG HAID

Sering kita menjumpai kasus dimana wanita muda meringis kesakitan menjelang bahkan disaat “ tamu bulanan datang” (haid) sehingga menyebabkan wanita tersebut datang ke dokter. Banyak orang mengganggap sebagai suatu hal yang umum dan reguler terjadi setiap menjelang/disaat haid dengan berbagai manifestasi kesakitanpun ada.
Oleh karena hampir semua wanita yang mengalami rasa tidak enak di perut bawah sebelum dan menjelang haid yang mengganggu aktifitas hidupnya sehari-hari sebagai gambaran nyeri yang demikian hebatnya inilah disebut sebagai dysmenorhea. Keadaan ini dapat ditimbulkan oleh adanya kontraksi dinding uterus yang berlebihan oleh pengaruh prostaglandin (PG) yang akan menimbulkan nyeri bila progesterone dalam darah rendah sehingga pemberian progesterone pada nyeri haid primer merupakan suatu terapi yang utama. S Dysmenorhea primer biasanya ditemukan setelah menstruasi lebih dari 12 bulan oleh karena siklus haid bulan pertama tidak disertai ovulasi. Nyeri haid sering pula dihubungkan dengan adanya gangguan pada kandungan (ginekologi) pada dysmenorhea sekunder oleh karena penyakit seperti endometriosis dimana adanya pertumbuhan bagian dari uterus yang sehat diluar uterus., atau dugaan adanya kista dan berbagai gangguan lain pada kandungan
Berbagai faktor penyebab diantaranya psikis/kejiwaan dimana pada orang yang emosinya tidak stabil, tidak menyebabkan proses haid, adanya penyakit (anemia), faktor endokrin, faktor alergi dan peningkatan prostaglandin. Sedangkan pada kasus endometriosis dimana terjadi kontraksi yang tidak teratur oleh karena miometrium terjadi pembengkakan, endometrium yang terjadi karena perdarahan pada waktu haid.
Penanganan nyeri ini perlu adanya penerangan dan nasehat bahwa gangguan ini tidak selalu merupakan hal yang membahayakan kesehatan, pemberian analgetik, istirahat baring, kompres hangat membantu meredakan nyeri. Pemberian terapi hormonal untuk menekan ovulasi seperti pil kontrasepsi, dan nonsteroid anti prostaglandin seperti ibuprofen 1-3 hari sebelum haid dan pada hari pertama haid. Bila perlu pada kasus tertentu akan dilakukan dilatasi kanalis servikalis untuk membantu pengeluaran darah haid dan prostaglandin.
Berbagai bentuk kelainan dapat timbul tidak hanya terbatas pada kandungan namun lebih luas melingkupi sekitarnya sehingga diperlukan diagnosa pembanding untuk menyingkirkan gangguan karena penyebab yang lain.


Dr. I Gusti Ngurah Made Bayuningrat, Sked
Rumah Sakit Umum Graha Asih
Jl. By Pass Ngurah Rai 33x Kuta Bali
Telp. 0361-764860

Tidak ada komentar:

Serving, not to be served

Serving, not to be served

ANDIKA-ANDILA

ANDIKA-ANDILA