Serving, not to be served

Serving, not to be served

Sabtu, 23 Mei 2009

RSU. GRAHA ASIH

Rumah Sakit Umum Graha Asih merupakan salah satu dari sekian banyak rumah sakit yang ada di Bali, namun masih merupakan rumah sakit swasta pertama di wilayah Kabupaten Badung, berlokasi di jalan By Pass Ngurah Rai 33X Kuta Bali.
Sejak berdirinya 9 mei 2001 rumah sakit ini telah menangani lebih dari 18.000 kasus baik yang dirawat jalan maupun inap, pasien operasi maupun non operasi.
Adapun fasilitas layanan rawat inap yang tersedia antara lain :
 ANGGREK A : AC, Shower panas dingin, TV, Kulkas, Intercom, Mini Bar, 1 Pasien, 2 bed, Kamar Mandi Dalam, Family Room.
 ANGGREK B : AC, Shower Panas Dingin, TV, Kulkas, Intercom, Mini Bar, 1 Pasien, 2 Bed, Kamar Mandi Dalam.
 BOUGENVILLE : AC, TV, Kulkas, Intercom, 1 Pasien, Kamar Mandi Dalam.
 CEMPAKA AC : TV, Kulkas, Kamar Mandi Dalam, 2 Pasien.
 DAHLIA : Fan, Kamar Mandi Dalam, 2 Pasien.
 MELATI : AC, TV, Kamar Mandi Dalam, 3 Pasien

Untuk layanan rawat jalan meliputi Praktek Sore dokter spesialis bersama yaitu Spesialis Bedah (Digestif, Orthopaedi, Urologi, Umum dan Mulut), Anak, Kebidanan dan Kandungan, Penyakit dalam, Paru-Paru, THT, Jiwa, Kulit & Kelamin (Praktek dengan perjanjian) dan Praktek Pagi spesialis anak, kebidanan dan kandungan. Sedangkan layanan Poliklinik Umum 24 jam yang Karakteristik menyatu dengan pelayanan IRD serta di dukung oleh sarana pemeriksaan penunjang yang lengkap termasuk CT Scan, X-ray, USG, ECG, NST/FD dan laboratorium diagnostik, juga melayani general check up, Perawatan ICU, serta Ambulance Services (Ambulance on Call).
Rumah Sakit Umum Graha Asih dibawah naungan Yayasan Asih Usadha ini tidak hanya melayani pasien lokal namun juga pasien mancanegara dikarenakan letaknya yang strategis dekat daerah wisata diantaranya yaitu kurang lebih 1 menit dari Kuta, 1 menit dari Mal Galeria (Patung Dewa Ruci-Simpang Siur), 5 menit dari Bandar Udara International I Gusti Ngurah Rai, 6 menit dari Jimbaran (kawasan hotel, Cafe & Kampus Udayana), 10 menit dari Nusa Dua, 10 menit dari Pelabuhan Laut Benoa, 15 menit dari Sanur.
Letak yang strategis ini tentu memiliki daya tarik tersendiri, ditambah lagi dengan kondisi lingkungan rumah sakit dengan konsep penataan ruang yang asri, taman dan area parkir luas dengan pohon rindangnya, dan didukung dengan sistem pengolahan limbah ramah lingkungan yang merupakan salah satu sistem pengolahan limbah terbaik masa kini (kalangan DPRD Bali pernah meninjau langsung sistem pengolahan limbah kawasan ini).
Dimasa yang lalu rumah sakit swasta kabarnya berkembang hanya di Kotamadya Denpasar, namun kini kehadiran Rumah Sakit Umum Graha Asih dikawasan Badung Selatan sebagai pioneer dalam upaya pembangunan dan pengembangan fasilitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang berkualitas, maka keberadaannya sebagai rumah sakit swasta pertama di kawasan ini merupakan modal yang baik untuk menjadikannya tidak hanya sebagai alternatif karena lokasinya strategis namun lebih dikarenakan sudah dapat menjadi prioritas pilihan yang dapat memberikan dan menyediakan jasa pelayanan kesehatan terbaik dengan motto layanan Ramah, Cepat, Terampil, Profesional (RCTP), serta dukungan sarana prasarana sesuai standar pelayanan yang memadai.
Dalam kurun waktu tersebut, dimana dengan adanya sistem pelayanan non stop 24 jam serta didukung tenaga dokter-dokter spesialis, dokter umum, Bidan, perawat, dan tenaga non medis yang expert dibidangnya, dan fasilitas rawat darurat (IRD) yang buka 24 jam memungkinkan pasien datang setiap saat, kamar operasi (OK), Kamar ICU, kamar bayi, kamar kuret, laboratorium diagnostik, apotek dimana harga obat yang ditawarkan 10 % lebih rendah dari tarif umum, CT Scan, X-ray, USG, ECG, NST/FD serta ditunjang lebih dari 150 karyawan terlatih sudah tentu akan dapat meningkatkan peran rumah sakit tidak saja sekedar memberi pelayanan, namun dapat menjadikannya sebagai bagian integral dari sistem pelayanan sosiokomprehensif sehingga dapat tercipta derajat pelayanan kesehatan yang optimal, tidak hanya untuk kepentingan profit semata.
Sistem tarif pelayanan yang digunakan telah mengikuti aturan standar perkumpulan rumah sakit rumah sakit swasta se-Bali, sesuai keputusan rapat Ikatan Rumah Sakit Swasta Bali (IRSAB), dimana ditetapkan bahwa Rumah Sakit Umum Graha Asih berada digolongan “A” yang memiliki tarif sama dengan rumah sakit swasta segolongannya.
Disamping Penerapan tarif reguler, RSU. Graha Asih memberikan kemudahan dan penghematan biaya perawatan terutama untuk kalangan masyarakat menengah kebawah dengan menyediakan berbagai paket-paket murah pelayanan kesehatan. Adapun paket murah yang diberlakukan seperti Diskon tarif kamar rawat inap 5-15%, Pemeriksaan penunjang (CT Scan, X-Ray, ECG, USG, NST/FD) 5%, Pemeriksaan Laboratorium 10%, Tindakan Operasi dan Kebidanan 5%, serta berbagai pilihan paket seperti paket deposit & paket persalinan normal hanya Rp 1.877.833,- (Include kamar ber-AC, Kamar mandi dalam, TV, Kloset duduk, paket makan, Paket mandi, Paket bayi, imunisasi bayi HB & Polio, Penanganan persalinan langsung oleh dokter spesialis kebidanan dan dokter anak, serta dokter jaga dan bidan stand by 24 jam, Obat-obat oral untuk ibu, perawatan bayi.
Disamping paket persalinan ada pula paket operasi tanpa rawat inap (day care) untuk kasus tertentu seperti pada kasus bedah saluran kencing dan bedah tulang. Paket operasi amandel, Paket sirkumsisi (sunatan) dengan bius umum Rp 1.084.241,- dan bius loKal Rp 922.237,- include dengan obat-obatan.
Sesuai dengan perkembangan informasi dan teknologi di RSU. Graha Asih turut dikembangkan layanan operasi bedah non invasive seperti pada operasi bedah saluran kencing dan ginjal telah dapat dilakukan tindakan operasi tanpa pembedahan/tanpa pisau yang non invasive (tidak membedah/melukai dinding perut) seperti pada kasus batu saluran kencing, penyempitan saluran kencing/tersendat kencing, pembesaran prostat, dll sehingga pasien kurang merasakan nyeri dibandingkan dengan pembedahan konvensional yang masih melakukan pembedahan dengan melukai dinding perut. Disamping itu pada bedah wasir/ambient disini telah dapat dilakukan metode stapling dimana pasien akan merasa lebih nyaman akibat pembedahan dan waktu perawatan menjadi lebih singkat.
Dalam upaya peningkatan sumber daya manusia (SDM) telah pula dilakukan berbagai pelatihan, kursus-kursus intern maupun extern rumah sakit secara reguler seperti dengan mengadakan seminar-seminar, pengiriman tenaga kesehatan (Perawat/bidan) mengikuti kursus-kursus, seminar dan pelatihan dalam rangka meningkatkan profesionalismenya seperti pelatihan tenaga operasi (urology & neurosurgery, dll), tenaga anestesi, tenaga ICU, dll. dengan berupaya seoptimal mungkin mengikuti perkembangan informasi dan teknologi kesehatan sehingga harapan kedepannya rumah sakit ini tidak hanya dapat mengikuti trend yang berkembang, namun dapat memberikan pelayanan kesehatan mendasar yang lebih baik dan maju.
Disamping peningkatan SDM juga fasilitas penunjang dalam hal ini sarana dan prasarana terus dikembangkan sesuai kebutuhan pelayanan dengan jalan pembelian berbagai alat-alat pemeriksaan kesehatan seperti CT Scan, NST/FD, instrumen bedah yang harganya tentu tak dapat dibilang murah. Dan tentunya juga upaya peningkatan performance rumah sakit itu sendiri dengan membangun berbagai fasilitas pendukung pelayanan baik medis maupun non medis yang meningkat dari tahun ke tahun. Dengan harapan kedepan dapat menjadi rumah sakit umum yang mandiri, maju dan mampu berkembang dan memberi pelayanan kesehatan jauh lebih baik dari waktu ke waktu.
Tidaklah berlebihan kehadiran rumah sakit umum di kawasan ini akan dapat menjembatani kesenjangan jarak pasien untuk memperoleh pelayanan kesehatan yang terjangkau tidak saja dari keterjangkauan finansial juga jarak antar pusat pelayanan dan konsumen sebagai penerima jasa pelayanan (By dr.By)

For Futher Information Call
0361-764860, Open 24 hours


Tidak ada komentar:

Serving, not to be served

Serving, not to be served

ANDIKA-ANDILA

ANDIKA-ANDILA